Soal UTS/MID Kelas 4 Tema 1 Semester 1 Tahun 2019
ULANGAN TENGAH SEMESTER
Mata Pelajaran : TEMA 1
Kelas : IV (Empat)
Berilah tanda silang ( X ) pada salah satu huruf a, b, c, atau d, didepan jawaban yang paling tepat!
1. Kita harus saling menghormati perbedaan pendapat saat berdiskusi agar .....
a. Terjadi perselisihan
b. Pengetahuan berkurang
c. menhasilokan kesimpulan yang adil
Sudah sejak seminggu yang lalu mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu – ibu tetangganya membuat adonan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu. Membuat dodol Betawi membutuhkan kerjasama.tidak hanya perempuan, tetapi laki – laki pun juga terlibat dalam pembuatannya. Biasanya, Mak Salmah dan ibu – ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan. Adonan dituang pada kawah, lalu di aduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus – menerus selama 8 – 12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh karena itu, pembuatanDodol Betawi membutuhkan kerjasama
8. Gagasan pokok teks tersebut adalah ....
a. Proses pembuatan dodol Mak Salmah
b. Laki – laki dan perempuan bekerja sama membuat dodol
c. Dodol dibuat dari bahan baku ketan
d. Mak Salmah bekerja keras membuat dodol
9. Hubungan antar gagasan dalam paragraf pada teks tersebut adalah ....
a. Tidak berkaitan
5. Fungsi iringan dalam tari . . .
d. dibenci teman
2. Rumah adat, senjata tradisional dan lagu daerah di Indonesia memiliki sejarah dan karateristik yang ....
a. Sama
2. Rumah adat, senjata tradisional dan lagu daerah di Indonesia memiliki sejarah dan karateristik yang ....
a. Sama
b. berbeda – beda
c. bersaing
d. modern
3. Pernyataan berikut yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan adalah ....
a. Kita tidak dapat menerima keragaman di Indonmesia
b. Keragaman di Indonesia telah terjadi sejak zaman dahulu kala
c. Keragaman di Indonesia harus kita satukan
d. Keragaman bukan halangan untuk melakukan kerjasama
4. Kerja sama dilakukan tanpa memandang keragaman agama, sosial, maupun budaya. Dengan kerjasama maka.....
a. Dapat memmpererat tali persaudaraan
b. Menambah keragaman antar masyarakat
3. Pernyataan berikut yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan adalah ....
a. Kita tidak dapat menerima keragaman di Indonmesia
b. Keragaman di Indonesia telah terjadi sejak zaman dahulu kala
c. Keragaman di Indonesia harus kita satukan
d. Keragaman bukan halangan untuk melakukan kerjasama
4. Kerja sama dilakukan tanpa memandang keragaman agama, sosial, maupun budaya. Dengan kerjasama maka.....
a. Dapat memmpererat tali persaudaraan
b. Menambah keragaman antar masyarakat
c. Mencegah persatuan dan kesatuan
d. Mendatangkan persaingan
5. Berikut contoh sikap kerjasama dalam keragaman agama adalah .....
a. Ayu, Mira dan Lina bersama – sama membuat bika ambon
b. Dio, Anto dan Roni bermain engklek bersama – sama
c. Ayu dan Lina memberi kesempatan Mira untuk beribadah saat menghias kelas untuk lomba
d. Ayu dan Lina berlatih tari Bungong Jeumpa bersama – sama
6. Gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam suatu teks dapat ditemukan dengan cara membaca nyaring, membaca dalam hati dan mendengarkan. Yang dimaksud dengan membaca dalam hati adalah ......
a. Membaca dengan cermat
b. Membaca dengan nyaring
5. Berikut contoh sikap kerjasama dalam keragaman agama adalah .....
a. Ayu, Mira dan Lina bersama – sama membuat bika ambon
b. Dio, Anto dan Roni bermain engklek bersama – sama
c. Ayu dan Lina memberi kesempatan Mira untuk beribadah saat menghias kelas untuk lomba
d. Ayu dan Lina berlatih tari Bungong Jeumpa bersama – sama
6. Gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam suatu teks dapat ditemukan dengan cara membaca nyaring, membaca dalam hati dan mendengarkan. Yang dimaksud dengan membaca dalam hati adalah ......
a. Membaca dengan cermat
b. Membaca dengan nyaring
c. Membaca tanpa mengeluarkan suara
d. Membaca dengan teliti
7. Suatu paragraf terdiri dari beberapa kalimat. Kalimat – kalimat dalam paragraf terbagi menjadi kalimatutama dan kalimat pendukung. Setiap kalimat membahas suatu masalah yang sama yang disebut gagasan pokok. Biasanya terdapat pada ....
a. Kalimat utama
7. Suatu paragraf terdiri dari beberapa kalimat. Kalimat – kalimat dalam paragraf terbagi menjadi kalimatutama dan kalimat pendukung. Setiap kalimat membahas suatu masalah yang sama yang disebut gagasan pokok. Biasanya terdapat pada ....
a. Kalimat utama
b. Kalimat penjelas
c. gagasan pokok
d. judul paragraf
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9
d. judul paragraf
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9
Sudah sejak seminggu yang lalu mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu – ibu tetangganya membuat adonan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu. Membuat dodol Betawi membutuhkan kerjasama.tidak hanya perempuan, tetapi laki – laki pun juga terlibat dalam pembuatannya. Biasanya, Mak Salmah dan ibu – ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan. Adonan dituang pada kawah, lalu di aduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus – menerus selama 8 – 12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh karena itu, pembuatanDodol Betawi membutuhkan kerjasama
8. Gagasan pokok teks tersebut adalah ....
a. Proses pembuatan dodol Mak Salmah
b. Laki – laki dan perempuan bekerja sama membuat dodol
c. Dodol dibuat dari bahan baku ketan
d. Mak Salmah bekerja keras membuat dodol
9. Hubungan antar gagasan dalam paragraf pada teks tersebut adalah ....
a. Tidak berkaitan
b. Saling bertentangan
c. saling berkaitan
d. berdiri sendiri
10. Perhatikan kalimat kalimat berikut !
1) Pak Bambang kelihatan sangat capai sekali
2) Pak Bambang baru pulang dari Kalimantan
3) Usianya yang sudah cukup tua
4) Pak Bambang beristirahat di warung dekat pos kamling
Gagasan pokok pada kalimat di atas ditunjukkan pada nomor ...
a. 1
d. berdiri sendiri
10. Perhatikan kalimat kalimat berikut !
1) Pak Bambang kelihatan sangat capai sekali
2) Pak Bambang baru pulang dari Kalimantan
3) Usianya yang sudah cukup tua
4) Pak Bambang beristirahat di warung dekat pos kamling
Gagasan pokok pada kalimat di atas ditunjukkan pada nomor ...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
11. Bunyi apabila mengenai suatu permukaan yang keras akan ....
a. Merambat
11. Bunyi apabila mengenai suatu permukaan yang keras akan ....
a. Merambat
b. membias
c. diserap
d. memantul
a. Spons
12. Benda berikut yang dapat memantulkan bunyi adalah ....
a. Spons
b. karpet
c. kain
d. dinding
13. Jika bunyi mengenai benda yang permukaannya halus sepertin kain dan karpet, bunyi akan ....
a. memantul
13. Jika bunyi mengenai benda yang permukaannya halus sepertin kain dan karpet, bunyi akan ....
a. memantul
b. diserap
c. merambat
d. membias
14. Pantulan bunyi yang terdengar kurang jelas karena bunyi yang dihasilkan dari pemantulan bercampur dengan bunyi asli disebut .....
a. Gaung
14. Pantulan bunyi yang terdengar kurang jelas karena bunyi yang dihasilkan dari pemantulan bercampur dengan bunyi asli disebut .....
a. Gaung
b. gema
c. getaran
d. gelombang
15. Tempat yang biasa memakai peredam bunyi adalah ....
a. Dapur
15. Tempat yang biasa memakai peredam bunyi adalah ....
a. Dapur
b. studio musik
c. rumah sakit
d. rumah makan
16. Nasi jamblang adalah makanan khas dari ....
a. Madium
16. Nasi jamblang adalah makanan khas dari ....
a. Madium
b. Surabaya
c. Cirebon
d. Yogyakarta
17. Rumah adat yang berasal dari Sumatera Barat disebut ......
a. Rumah Joglo
17. Rumah adat yang berasal dari Sumatera Barat disebut ......
a. Rumah Joglo
b. rumah Gdang
c. kasepuhan
d. badui
18. Suku Asmat dan suku Dani terdapat di provinsi .....
a. Papua
18. Suku Asmat dan suku Dani terdapat di provinsi .....
a. Papua
b. D.I. Yogyakarta
c. Kalimantan Barat
d. NTB
19. Gambar disamping merupakan pakaian adat Provinsi .....
a. Bali
19. Gambar disamping merupakan pakaian adat Provinsi .....
a. Bali
b. Jawa Barat
c. Banten
d. Sumatera Selatan
20. Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerah, makanan tradisional, upacara adat, dan kebiasan – kebiasan yang berbeda – beda. Hal ini merupakan kekayaan negara Indonesia yang berupa ......
a. Keragaman sosial
d. Sumatera Selatan
20. Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerah, makanan tradisional, upacara adat, dan kebiasan – kebiasan yang berbeda – beda. Hal ini merupakan kekayaan negara Indonesia yang berupa ......
a. Keragaman sosial
b. Keragaman budaya
c. keragaman agama
d. keragaman ekonomi
21. Gerakan nyempurit merupakan bagian dari gerak dasar .....
a. Kaki
d. keragaman ekonomi
21. Gerakan nyempurit merupakan bagian dari gerak dasar .....
a. Kaki
b. tangan
c. kepala
d. lengan
22. Iringan tari Bungong Jeumpa adalah .....
a. Gamelan
22. Iringan tari Bungong Jeumpa adalah .....
a. Gamelan
b. gitar
c. tepuk tangan
d.lagu Bungong Jeumpa
23. Formasi yang paling tepat saat meari tari Bungong Jeumpa adalah .....
a. Melingkar
23. Formasi yang paling tepat saat meari tari Bungong Jeumpa adalah .....
a. Melingkar
b. vertikal
c. horizontal
d. diagonal
24. Gerakan pada gambar di bawah disebut gerakan ....

a. Ukel
b. Sembahan
c. Tumpang tali
d. capang
25. Saat menampilkan tari, gerakan harus sesuai dengan .....
a. Iringan
24. Gerakan pada gambar di bawah disebut gerakan ....
a. Ukel
b. Sembahan
c. Tumpang tali
d. capang
25. Saat menampilkan tari, gerakan harus sesuai dengan .....
a. Iringan
b. teman
c. tema
d. urutan
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Bagaimanan agar tercipta kerjasa sama yang baik . . .
2. Bagaiaman cara membuat ringkasan dengan baik berdasarkan teks lisan . . .
3. Pantulan bunyi yang terdengar lengkap sesuai dengan bunyi asli disebut . . .
4. Mengapa Indonesia memiliki kebudayaan yang berbeda – beda . . .
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Bagaimanan agar tercipta kerjasa sama yang baik . . .
2. Bagaiaman cara membuat ringkasan dengan baik berdasarkan teks lisan . . .
3. Pantulan bunyi yang terdengar lengkap sesuai dengan bunyi asli disebut . . .
4. Mengapa Indonesia memiliki kebudayaan yang berbeda – beda . . .
5. Fungsi iringan dalam tari . . .
Sumber https://sagansg.blogspot.com/