Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mudah Memperbaiki Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi

 Cara Mudah Memperbaiki Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi 7 Cara Mudah Memperbaiki Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi

Anda mungkin pernah mendapati layar sentuh (touchscreen) iPhone bergerak sendiri, ketika Anda mencoba menyentuh layar iPhone seperti swipe atau tap pada layar tapi justru tidak terjadi apa-apa. Ini menandakan bahwa touchscreen iPhone tidak berfungsi yang menyebabkan tidak merespon sentuhan.

Sekalipun ada banyak keunggulan iPhone dibandingkan smartphone lainnya seperti ponsel pintar berbasis OS Android, layar sentuh iphone juga bisa rusak atau tidak berfungsi, saya yakin Anda tetap bisa menggunakan tombol iPhone seperti tombol Home, Power, Siri, Voice Commands, atau Volume.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab layar sentuh iPhone tidak berfungsi seperti software atau hal lainnya sehingga saat mencoba menyentuhnya tidak ada resep dari sentuhan yang diberikan.

Jika Anda baru saja membeli iPhone atau produk Apple lainnya (MacBook, komputer desktop Apple, Apple Watch) dan masih ada garansinya, mungkin lebih memilih langsung mengklaimnya di toko resmi terdekat.

Tapi, apa jadinya kalau garansi resmi Apple sudah hangus?

Nah, Anda yang mendapati masalah layar sentuh iPhone tidak merespon atau tidak berfungsi saat disentuh,  baik itu iPhone 4/4s, iPhone 5/5s, iPhone 6, iPhone 7, iPhone 8, iPhone X atau jenis iPhone lainnya. Padahal sudah mencoba force restart iPhone, silahkan mencoba tujuh cara mudah memperbaiki touchscreen iPhone tanpa perlu membawanya ke Apple Authorized Reseller atau tempat servis berikut ini.

Cara Memperbaiki  Layar Sentuh (Touch Screen) iPhone Yang Tidak Merespon Sentuhan, Berfungsi dan Bergerak Sendiri


Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi layar sentuh iPhone tidak berfungsi atau tidak merespon saat disentuh. Anda tidak perlu membawanya ke tempat servis resmi Apple untuk mengatasi hal ini, bisa saja dengan restore iPhone maka layar sentuh dapat diperbaiki.

1. Bersihkan Layar Sentuh


Cara mengatasi layar sentuh (touchscreen) iPhone yang tidak merespon atau berfungsi yang pertama adalah dengan membersihkan layar iPhone dan pastikan juga tangan Anda bersih sebelum memberikan sentuhan di touchscreen iPhone. Jika terdapat hard case, screen protector atau bumper iPhone, lepaskan terlebih dahulu.

Setelah melepaskan casing atau pengaman layar iPhone, siapkan kain halus kemudian mulai bersihkan layar iPhone dengan cara mengusapkan kain halus tersebut dari atas ke bawah perlahan-lahan hingga tidak ada cairan, kotoran, atau makanan di layar sentuh iPhone. Kotoran atau benda lain yang ada di layar iPhone bisa menyebabkan laya sentuh bergerak sendiri.

Begitu juga dengan tangan, atau pena yang akan digunakan pada touchscreen iPhone, pastikan kering atau tidak basah saat menggunakannya.

2. Hard Restart (Hard Reboot) iPhone


Cara memperbaiki layar sentuh iPhone yang tidak meresepon atau berfungsi yang kedua adalah dengan restart iPhone. Cara hard restart atau hard reboot iPhone cukup mudah, tergantung dari model iPhone yang Anda gunakan.

Anda yang juga mengalami masalah kamera iPhone tidak berfungsi juga dapat mengatasinya dengan cara restart paksa iPhone (hard reboot).

  • iPhone 6 dan model sebelumnya: Tekan tombol Home dan Power secara bersamaan beberapa detik hingga muncul logo Apple.
  • iPhone 7 dan model diatasnya: Tekan tombol Volume Down dan Power sekaligus beberapa detik hingga muncul logo Apple.

Setelah restart iPhone, Anda kemungkinan akan mendapati layar sentuh sudah bagus seperti yang pernah saya alami juga.

3. Kapasitas iPhone Penuh


Salah satu penyebab layar sentuh iPhone tidak berfungsi atau merespon karena kapasitas penyimpanan iOS habis atau hampir penuh.

Untuk mengecek kapasitas penyimpanan iPhone, jalankan aplikasi Settings kemudian tap General — Storage & Usage — Manage Storage. Pastikan ada ruang kosong sekitar ratusan MB atau kalau perlu hingga satu GB.

Anda harus menghapus beberapa aplikasi iOS yang sudah tidak digunakan lagi untuk menambah kapasitas penyimpanan. Penyimpanan hampir penuh disebabkan beberapa aplikasi iPhone seperti Facebook, Instragram, Twitter yang menyimpan file cache selama kita install dan gunakan.

Setelah menghapus aplikasi iOS, periksa kembali ruang penyimpanan yang tersedia kemudian restart iPhone Anda.


4. Update dan Hapus Aplikasi


Beberapa masalah layar sentuh iPhone yang tidak merespon yang pernah saya jumpai disebabkan karena aplikasi. Jadi, bukan layar sentuh yang rusak.

Saat Anda mencoba menjalankan sebuah aplikasi lalu aplikasi berhenti otomatis (freeze) dan halaman utama muncul. Jika Anda mendapati hal ini, sebaiknya update aplikasi tersebut terlebih dahulu sebelum menjalankannya lagi.

Tapi jika Anda sudah update aplikasi di App Store tapi masih saja menemui aplikasi iOS freeze sehingga tidak merespon sentuhan maka Anda harus menghapus aplikasi iPhone tersebut.

5. Touch Screen Pecah (Rusak)


Jika memang layar iPhone pecah atau rusak karena terjatuh misalnya, maka Anda tidak akan bisa memfungsikan ataupun meresepon sentuhan yang ada. Jalan satu-satunya adalah dengan mengganti touchscreen iPhone.

Anda bisa membeli touchscreen sendiri kemudian menggantinya di rumah karena caranya hampir sama saja dengan mengganti layar sentuh iPad yang pernah saya bagikan di postingan Panduan Lengkap Mengganti Touch Screen (Layar Sentuh) iPad 2.

6. Restore iPhone


Jika beberap cara memperbaiki layar sentuh iPhone diatas tetap saja tidak berhasil, maka langkah terakhir yang dapat Anda tempuh adalah backup data kemudian restore iPhone dengan iTunes.

Pastikan kamu backup data iPhone ke iCloud atau komputer sebelum melakukan masuk ke dfu mode iPhone atau instal ulang perangkat iOS milikmu karena proses ini akan menghapus semua data iPhone, pengaturannya kembali seperti iPhone baru lagi.

7. Hubungi Call Center Apple Indonesia


Masih juga tidak berhasil memperbaiki layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi dengan enam cara diatas? Anda sebaiknya menghubungi Call Center Apple Indonesia atau menanyakan lebih lanjut ke Servis Center Resmi Apple terdekat di kota Anda.

Jika touch screen iPhone rusak, tidak merespon sentuhan atau tidak berfungsi dan iPhone tersebut masih memiliki garansi, sebaiknya tidak perlu membeli touchscreen di marketplace atau toko online. Cukup klaim garansi ke toko resmi Apple dimana Anda membelinya.

Anda juga bisa mencari toko yang memberikan layanan servis iPhone berkualitas di daerah Anda yang sudah berpengalaman jika memang layar sentuh (touchscreen) iPhone bermasalah. Sebelum memutuskan membawanya ke tempat servis iPhone, sebaiknya mencoba restart paksa iPhone terlebih dahulu.

Jika Anda berdomisili di kota Taman, silahkan kunjungi iRepairBontang atau tempat service HP di Bontang.

Anda punya tips memperbaiki layar sentuh iPhone tidak merespon sentuhan atau tidak berfungsi yang lain atau referensi toko servis yang sudah pernah Anda gunakan?