Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Artikel Blog
Tenyata untuk menulis artikel yang menarik ataupun disukai pembaca, ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan biar goresan pena kita menjadi sukses dibaca oleh banyak orang. Ada elemen yang berhasil saya petik dari para senior di dunia blog yang saya baca artikelnya, mulai dari judul, paragraf pertama, dan elemen tak kalah penting lainnya.
Beri judul blog post dengan judul yang informatif, menggambarkan isi post secara keseluruhan,sekaligus membuat ingin tau sehingga orang lain akan tertarik untuk membaca. Misalnya, isi dari dongeng weekend ditulis dengan judul : Weekend di Pantai Terindah di Indonesia. Dengan judul menyerupai itu, rasa ingin tau pembaca akan sedikit terusik, ingin tahu dimana sih pantai terindah di Indonesia itu? Seperti apa pantainya?
Judul juga sebaiknya singkat dan to the point biar pembaca segera tahu maksud yang ingin kau sampaikan. Jika menargetkan kata kunci tertentu, gunakan juga kata kunci tersebut ke dalam judul post. Misalnya, kau ingin penggemar Harry Potter mampir ke blog kau (lewat search engine), gunakan judul menyerupai ini : Tips Menulis ala Harry Potter. Isi blog post-nya ialah tips menulis yang 'magical’ sanggup juga kan?
Nah, untuk mengetahui judul yang banyak dicari orang, pahami dulu kebutuhan dasar insan akan informasi. Dengan begitu, kemungkinan blog kau akan dibaca orang akan lebih besar alasannya ialah pasar yang lebih besar juga.
Jika kita sudah mengerti akan kebutuhan dasar insan tersebut, kita sanggup membuat post dengan menentukan judul yang menarik emosi pembaca sesuai dengan kebutuhan dasar mereka.
Bisa dibilang paragraf pertama ini mempunyai peranan yang tidak kalah penting dari penentuan judul. Ada beberapa tips untuk membuat paragraf pertama yang menarik:
JUDUL
Judul memperlihatkan kesan pertama, ini mutlak diperhatikan dalam penulisan setiap artikel blog. Setiap harinya, pembaca ditawari ribuan judul artikel di internet. Jadi, kalau kau memberi judul post, contohnya : Cerita Weekendku, agak sulit membuat orang berhenti dan melanjutkan membaca. Apa hebatnya dongeng weekend yang kau alami?Beri judul blog post dengan judul yang informatif, menggambarkan isi post secara keseluruhan,sekaligus membuat ingin tau sehingga orang lain akan tertarik untuk membaca. Misalnya, isi dari dongeng weekend ditulis dengan judul : Weekend di Pantai Terindah di Indonesia. Dengan judul menyerupai itu, rasa ingin tau pembaca akan sedikit terusik, ingin tahu dimana sih pantai terindah di Indonesia itu? Seperti apa pantainya?
Judul juga sebaiknya singkat dan to the point biar pembaca segera tahu maksud yang ingin kau sampaikan. Jika menargetkan kata kunci tertentu, gunakan juga kata kunci tersebut ke dalam judul post. Misalnya, kau ingin penggemar Harry Potter mampir ke blog kau (lewat search engine), gunakan judul menyerupai ini : Tips Menulis ala Harry Potter. Isi blog post-nya ialah tips menulis yang 'magical’ sanggup juga kan?
Nah, untuk mengetahui judul yang banyak dicari orang, pahami dulu kebutuhan dasar insan akan informasi. Dengan begitu, kemungkinan blog kau akan dibaca orang akan lebih besar alasannya ialah pasar yang lebih besar juga.
- Psikologi. Kebutuhan akan makanan, minuman, rumah, pakaian, dan seks.
- Keamanan. Kebutuhan akan keamanan fisik, emosi, dan keuangan.
- Sosial. Kebutuhan akan cinta, kasih sayang, persahabatan, dan penerimaan.
- Percaya diri. Kebutuhan akan prestasi, pengakuan, perhatian, dan rasa hormat.
- Akutualisasi diri. Kebutuhan untuk mencapai potensi sepenuhnya.
Jika kita sudah mengerti akan kebutuhan dasar insan tersebut, kita sanggup membuat post dengan menentukan judul yang menarik emosi pembaca sesuai dengan kebutuhan dasar mereka.
PARAGRAF PERTAMA
Setelah membaca judul dan tertarik, pengunjung akan melanjutkan dengan membaca paragraf pertama dari isi artikel blog. Disini akan ditentukan, pembaca akan meneruskan membaca, atau malah menyudahi membaca blog kamu.Bisa dibilang paragraf pertama ini mempunyai peranan yang tidak kalah penting dari penentuan judul. Ada beberapa tips untuk membuat paragraf pertama yang menarik:
- Tulis ringkasan post. Langsung tulis ‘kesimpulan’ dari seluruh post di awal. Setelah pembaca mengerti tujuan post kamu, gres kemudian jabarkan lebih lanjut informasinya.
- Beri pertanyaan. Memulai posting dengan pertanyaan akan membuat rasa ingin tahu dan membuat pembaca berpikir. Mereka akan terus membaca hingga tamat hingga tahu jawabannya.
- Gunakan statistik yang mengejutkan. Sebuah statistik yang menarik dan mengejutkan akan membuat orang ingin tau dan ingin tahu apa dongeng yang ada dibalik statistik itu. Ingat untuk selalu memakai statistik dari sumber yang terpercaya.
- Kutipan atau quote orang yang terkenal. Sesuaikan quote yang kau pasang dengan isi dari artikel. Sebuah kutipan yang sempurna akan menarik perhatian pembaca dalam beberapa detik pertama. Dapatkan kutipan-kutipan dari tokoh-tokoh penting di situs-situs quote ataupun aplikasi quote android dan iPhone.
- Kutip sebuah dongeng yang menarik. Mungkin ada dongeng menarik yang kau dapatkan dikala makan siang, atau dikala bersama teman? Atau cerita-cerita yang gres saja kau baca di internet? Coba kutip dongeng tersebut, kemungkinan besar pembaca akan bereaksi sama dengan kau dikala membacanya, lanjutkan dengan artikel kau sendiri yang berkaitan dengan dongeng tersebut.
- Pasang gambar di paragraf pertama. Salah satu kebiasaan wajib seorang blogger ialah mencari gambar yang akan ditampilkan di awal post. Bentuknya sanggup gambar yang sesuai dengan topik, atau gambar komik lucu yang menggambarkan seluruh isi blog post. Pembaca akan lebih cepat menangkap maksud dari gambar tersebut dan hasilnya tertarik untuk melanjutkan membaca.
- Gunakan imajinasi pembaca. Menarik citra mental dari pembaca ialah salah satu hal yang paling berpengaruh yang sanggup kau lakukan untuk mengikat perhatian pembaca. Bantu pembaca berimajinasi dengan memakai kata-kata menyerupai “Mari bersama kita bayangkan..” “bagaimana jika” dan lainnya.
MENULIS KONTEN BLOG
Judul sudah OK, paragraf pertama sudah sip, selanjutnya menulis konten blog. Untuk membuat konten blog yang bagus, kita sanggup memulainya dengan membuat sebuah kerangka/mind map.
Mind map ialah konsep diagram yang diperkenalkan oleh Tony Buzan, untuk menampilkan wangsit brainstorm seputar kata kunci yang ingin kita bahas. Kerangka menyerupai ini sangat diperlukan terutama dikala kita kehabisan ide, atau punya topik yang ingin dibahas, tetapi galau mau menulis apa dan dikembangkan ke arah mana.
Karena sifatnya yang tidak berurutan, kerangka atau mind map memungkinkan kita untuk
menumpahkan wangsit tanpa skala prioritas menyerupai yang selama ini kita lakukan. Ini memungkinkan wangsit berkembang secara ‘liar’ dan menghasilkan outline goresan pena yang menarik.
Kita sanggup memulai membuat kerangka dengan cara berikut :
- Mulailah dengan judul blog post
- Buat anak cabang untuk setiap kata kunci yang terpikirkan dari judul tersebut.
- Buat anak cabang lebih dalam lagi untuk menggali kata kunci.
- Ulangi hingga terbentu contoh yang menarik untuk ditulis.
Pembuatan kerangka sanggup kita lakukan memakai secarik kertas alasannya ialah cukup sederhana dan sangat efektif. Bisa juga memakai software di komputer ataupun aplikasi catatan di smartphone.
LIST
Aku ialah salah satu dari banyak orang yang suka membaca blog post yang berbentuk list atau daftar. Blog post dengan bentuk list terlihat lebih mudah dan gampang untuk pribadi diaplikasikan. Bentuk artikel artikel informasi yang disajikan dengan format list membuatnya gampang dicerna dan membuat pembaca sanggup menyerap informasi dengan effisien.
Semakin panjang daftarnya, menyerupai daftar ‘bombastis’ yang berisi ratusan list, semakin tertarik orang untuk mem-bookmark goresan pena kamu. Namun, kalau kau ingin orang membacanya habis pada dikala itu juga, angka yang ideal ialah diantara 7-10 list.
Walau begitu, sebaik-baiknya postingan berisi daftar, tetap tidak baik juga kalau dibentuk terlalu banyak. Keluarkan list sekali-sekali dan jangan terlalu sering. Pembaca blog kau butuh variasi!
LINKS
Menulis blog tidak akan lengkap tanpa pelengkap link sebagai referensi, dan tentu saja sebagai salah satu taktik biar blog kita sanggup banyak ditemukan via search engine. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui target kata kunci yang kau inginkan.
Jangan gunakan kalimat ‘click here’ atau ‘Klik disini’ sebagai link referensi. Berikan link pada kata kunci yang kau sasar menuju blog post lain di dalam blog kau (internal) atau sanggup juga ke luar blog. Sesuai kebutuhan.
GAMBAR
Aku selalu selalu memakai foto dan gambar untuk mendukung setiap artikel. Ini alasannya ialah saya menyadari bahwa foto dan gambar akan memperlihatkan impresi yang baik untuk pembaca dan membangun suasana dikala membaca.
KALIMAT PENUTUP
Dalam menulis blog, kalimat epilog sama pentingnya dengan kalimat pembuka. Kamu harus mengarahkan pembaca, apa yang harus mereka lakukan sesudah membaca blog post kamu. Tutuplah dengan pertanyaan, penawaran, atau link menuju postingan lain yang sekiranya cocok untuk dilanjutkan.
Nah, demikianlah beberapa elemen penting yang wajib kita perhatian untuk menghasilkan artikel yang berkualitas, menarik, serta SEO friendly. Dengan memperhatikan elemen penting tersebut, setidaknya kita tidak hanya mengedukasi pembaca, tapi kita juga memperkaya diri untuk terus memproduksi sesuatu yang melebihi standarnya.
That's all we have for now.
Ingat. Dalam hidup, ada pemenang dan ada pecundang.
Kita? Kita ialah penantang!