Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Masih Dapat Melacak Lokasi Anda Meski Menonaktifkan Riwayat Lokasi

Cara Menonaktifkan Riwayat Lokasi di Ponsel Android Google Masih Bisa Melacak Lokasi Anda Meski Menonaktifkan Riwayat Lokasi
Baru-baru ini, Associated Press menerbitkan laporan yang merinci bagaimana Google sanggup mencatat lokasi pengguna bahkan jikalau mereka telah mematikan GPS dan telah keluar dari fitur Riwayat Lokasi (Location History). Laporan ini memperlihatkan bahwa jikalau Anda ingin sepenuhnya keluar dari pelacakan lokasi Google, Anda harus mengakses dan mematikan fitur kedua juga, yang disebut "Riwayat Web & Aplikasi" (Web & App History).

Seperti yang dilansir dari Engadget, Selasa (14/08/2018), bahwa Google telah telah mengeluarkan pernyataan kepada Associated Press yang menjelaskan bahwa Google mengakses lokasi para pengguna memakai kombinasi dari banyak cara, termasuk : Riwayat Lokasi, Aktivitas Web dan Aplikasi, serta GPS dari perangkat / ponsel para pengguna itu sendiri. Seperti klarifikasi pihak Google “Kami menyediakan deskripsi yang terang perihal alat ini, dan kontrol yang besar lengan berkuasa sehingga orang sanggup mengaktifkan atau menonaktifkannya, dan menghapus histori mereka kapan saja.”

The Verge mendapatkan pernyataan serupa, dari Google "kami memastikan saat pengguna menonaktifkan Riwayat Lokasi, kami terus memakai lokasi untuk meningkatkan pengalaman Google saat mereka melaksanakan hal-hal ibarat melaksanakan pencarian Google atau memakai Google untuk navigasi berkendara. " Kalimat terakhir itu sepertinya mengacu pada riwayat Web & Aplikasi, meskipun Google tidak merinci perihal itu.

Jika memang Anda ingin mematikan semua pelacakan lokasi, itu akan membutuhkan sedikit kerja. Sebagai permulaan, Anda niscaya ingin menonaktifkan fitur Riwayat Lokasi. Meskipun namanya sangat luas, ini yakni fitur yang sangat spesifik yang membuat garis waktu di mana Anda berada menurut lokasi ponsel Anda. Meskipun Anda mungkin menduga mematikannya akan menonaktifkan pelacakan lokasi Google di semua layanannya, itu tidak benar.

Setelah menonaktifkan Riwayat Lokasi, kemudian matikan "Riwayat Web & Aplikasi" - tetapi perhatikan bahwa pengalaman Anda memakai layanan Google akan sangat berbeda di masa mendatang yaitu Anda akan sulit melaksanakan pencarian (searching / acara web lainnya) yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Seperti kita ketahui aplikasi apapun rata-rata akan meminta ijin untuk menyalakan Google Service dan ijin lokasi dari ponsel pintar.

Secara keseluruhan, sepertinya aspek pengumpulan lokasi utama yang terkait dengan "Riwayat Web & Aplikasi" berasal dari penelusuran Google. Saat setelan itu diaktifkan, Google sanggup menawarkan info yang lebih "relevan". 
Cara Menonaktifkan Riwayat Lokasi di Ponsel Android Google Masih Bisa Melacak Lokasi Anda Meski Menonaktifkan Riwayat Lokasi
Tetapi jikalau yakin ingin menonaktifkan layanan tersebut, Anda harus masuk ke halaman yang berafiliasi dengan acara Anda (My Activity) baik di ponsel dan di semua layanan Google yang Anda gunakan, kemudian pastikan Anda hapus semua jejak yang pernah Anda lakukan dengan cara hapus ikon pin lokasi yang ada di situ.

Anda sanggup melihat riwayat Google Anda di myactivity.google.com; klik "kontrol aktivitas" di hidangan sebelah kiri akan menawarkan opsi untuk menonaktifkan Riwayat Web & Aplikasi serta Riwayat Lokasi Anda.
Dapatkan isu "Tekno dan Gadget Terbaru" gratis melalui inbox email, caranya Subscribe email kau dibawah ini!