Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apple Ingin Iphone Menjadi Bukti Identitas Dan Pengganti Paspor

Apple wants iPhone to be proof of identity and replace passports Apple Ingin iPhone Menjadi Bukti Identitas dan Pengganti Paspor
RFID (Radio Frequency Identification) yaitu salah satu teknologi smartcard (kartu pintar). Disebut pintar, alasannya kartu ini di dalamnya berisi rangkaian elektronik dalam bentuk Integrated Circuit (IC) yang dapat "berbicara" dengan suatu alat baca tertentu.

Raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino, California, AS yaitu Apple melaksanakan terobosan yang memungkinkan iPhone berfungsi sebagai paspor dan sebagai alat identifikasi pengguna dengan menyematkan sistem penyimpanan berbasis RFID pada iPhone yang memungkinkan iPhone dapat menjadi paspor atau dokumen imigrasi di masa depan.

Hal itu terungkap dari paten yang diajukan Apple ke United States Patent and Trademark Office (USPTO). Apple memang memasukkan banyak pengajuan paten ke USPTO tetapi tidak semua pengajuan paten akan menjadi produk.

Apple melaksanakan terobosan yang memungkinkan iPhone berfungsi sebagai paspor dan sebagai alat identifikasi pengguna.

Dalam paten terbarunya, Apple menggungkapkan perihal cara kerja sistem RFID dan sistem itu dapat mengimpor data kredensial dari sumber.

Dengan RFID, iPhone akan mendapat sebagian informasi kredensial dari dokumen identifikasi milik pengguna yang diterbitkan secara resmi oleh otoritas, semisal SIM atau kartu keluarga.

Setelah data diperoleh, iPhone akan mengajukan seruan berbasis radio kepada otoritas penerbit dokumen sah kependudukan. Setelah otoritas menyetujui, iPhone menyimpan data-data kredensial legal milik pengguna. 
Apple wants iPhone to be proof of identity and replace passports Apple Ingin iPhone Menjadi Bukti Identitas dan Pengganti Paspor
Selain RFID, Apple juga akan memakai NFC dan elemen lainnya untuk menyimpan serta memproses data-data pengguna iPhone ibarat yang dilansir dari Apple Insider.

Dalam pengajuan paten, Apple juga menjelaskan penggunaan e-Passport di iPhone bahwa Apple akan memakai semacam chip di iPhone yang berfungsi menyimpan banyak sekali data milik pengguna.

Teknologi RFID ketika ini sudah masuk ke hampir semua bidang kehidupan. Boleh jadi kita sudah pernah menggunakannya secara tidak sadar. Berikut yaitu beberapa referensi kartu akil RFID.
  • e-ktp. Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP memakai kartu akil RFID. Di dalam kartu yang nampak ibarat kartu biasa saja tertanam satu rangkaian elektronik yang menyimpan banyak sekali data.
  • Kartu Indomaret atau Alfamart juga merupakan referensi smartcard
  • e-toll card yang dipakai untuk membayar toll di gerbang toll juga merupakan kartu RFID
  • tiket KRL dan busway di Jakarta juga kini telah memakai tiket elektronik yang memakai teknologi RFID
  • kunci hotel yang memakai kartu juga merupakan teknologi RFID
  • e-cash ibarat e-money dan flazz juga memakai teknologi RFID
Dapatkan informasi "Tekno dan Gadget Terbaru" gratis melalui inbox email, caranya Subscribe email kau dibawah ini!