Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Blogging Pemula Untuk Mendapat Penggemar

Tidak ada hal yang lebih berharga dalam hidup melebihi mencatat pengalaman eksklusif sebagai seorang manusia. Aktivitas blogging/ngeblog ialah salah satu komponen paling revolusioner di internet. Hal ini memungkinkan seseorang untuk memberikan gosip perihal diri sendiri, produk bisnis, layanan jasa, atau kehidupan dunianya di sekitar mereka yang dianggap paling sesuai.

Namun, jikalau ingin membangun dan menulis blog, kalian harus membaca beberapa tips blogging untuk pemula ini terlebih dahulu.

Berikut ialah beberapa tips blogging yang sanggup saya bagikan dalam mendatangkan banyak penggemar untuk blog pribadi.


1. Jadilah diri sendiri

Tidak ada yang suka membaca blog yang tidak masuk akal atau membosankan. Biarkan kepribadian kalian tampil dalam goresan pena itu! Semakin unik kalian menulis, semakin cepat blog akan menonjol.

Seorang sahabat saya memulai blognya dengan format yang sangat statis. Dia memberikan gosip perihal apa yang telah terjadi di daerah kerja, dan apa yang beliau lakukan sesudahnya, tapi beliau tidak memberi rincian, dan bacaannya sangat membosankan. Setelah beliau mulai memasukkan pendapat perihal apa yang telah terjadi di daerah kerja, atau deskripsi perihal acara malam-malamnya di kota, pembacanya menjadi berlipat ganda!


2. Konsisten

Ketika pertama kali memulai blogging, kalian mungkin akan sangat bangga dengan proyek gres yang akan dikerjakan dengan baik di sudut kecil dunia Internet. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya hal yang muncul, blog kalian sanggup jadi tidak terurus serta menurunnya trafik pengunjung.

JANGAN SAMPAI ITU TERJADI! Jika kalian berhenti menulis dan publikasi selama seminggu, blog akan kehilangan minat baca penggemar dan pembaca gres yang potensial. Selain itu, blogging sering bersifat katarsis (curhat), sehingga kurang mendapat banyak respon. Sisihkan sejumlah waktu setiap hari untuk menulis dan posting meskipun itu singkat.


3. Menambahkan tombol media umum dan berlangganan email

Kalian sanggup menambahkan sosial media di blog dan juga menampilkan kolom berlangganan lewat email. Hal ini dilakukan semoga penggemar gres sanggup mengikuti updatean terbaru postingan blog. Tentu hal ini tidak banyak memakan waktu banyak dalam pemasangan.

Kalian sanggup mencari tutorialnya di blog-blog lain lewat mesin pencari yang sering digunakan.


4. Bagikan postingan di media sosial

Banyak blogger dan pebisnis membagikan blog mereka ke media sosial. Hal ini dilakukan semoga blog sanggup eksis dan dibaca orang lain.

Kesalahan yang harus dihindari ialah melaksanakan SPAM di media sosial. Aktivitas spamming menjadikan kebencian pada sahabat media umum sehingga bertahap mereka akan melaksanakan unfollow atau memblokir akun kalian.

Saya menyarankan untuk melaksanakan share 2 kali sehari dengan jeda setengah hari. Hal ini dilakukan semoga untuk menjauhi dari hal-hal yang tidak diinginkan.


5. Promosikan produk populer

Akhir-akhir ini, beriklan ialah cara yang menguntungkan bagi banyak orang untuk mendapat penghasilan (uang) tambahan. Dengan melaksanakan review dan menyarankan produk kepada pembaca (dan mereka membelinya), maka kalian akan mendapat laba kecil sebagai gantinya. Kalian juga sanggup bergabung dengan situs afiliasi untuk memasarkan beberapa produk yang diminati teman-teman kalian.

Mereview produk merupakan salah satu cara termudah dalam menjaring pembaca. Karena membaca review merupakan hal yang paling dimininati konsumen sebelum membeli barang yang ingin mereka beli.


6. Hati-hati

Kalian sanggup mengatur preferensi keamanan privasi, atau sebaliknya, blog sanggup dibaca oleh semua orang atau siapa saja.

Ini berarti, jikalau kalian tidak berhati-hati, kehidupan eksklusif sanggup menjadi publik dalam sekejap. Ini sanggup mempunyai implikasi besar bagi pekerjaan kalian, terutama jikalau atasan kalian membaca isi postingan yang memalukan perihal dongeng rambut botaknya, atau pacar kalian mengetahui perihal dongeng eksploitasi kalian kepadanya.

Buat akun palsu? Ya, kalian sanggup memakai nama binatang peliharaan untuk menjaga rincian eksklusif semoga selalu aman, sambil tetap menghibur para pembaca blog kalian. Ini ialah salah satu tip blogging yang mungkin tampak bertentangan dengan yang telah kalian pelajari, namun hal ini sanggup menjadikan keseimbangan antara keterbukaan dan privasi yang akan menciptakan kalian berada di daerah yang nyaman atau inginkan.

Blogging sanggup menjadi pengalaman yang hebat, tapi kalian harus berpikir lagi sebelum menulis dan publikasi. Ingat tips blogging ini, dan kalian akan baik-baik saja!