Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Chrome 68 Tandai Semua Situs Http Tidak Kondusif (Berlaku Juli 2018)

Dalam postingan blog security Google terbaru secara terang-terangan menyuruh semua pemilik situs (tanpa terkecuali) untuk mengaktifkan HTTPS:
Selama beberapa tahun terakhir, kami telah beralih ke jaringan yang lebih kondusif dengan sangat menganjurkan supaya situs tersebut menerapkan enkripsi HTTPS. Dan dalam tahun lalu, kami juga secara sedikit demi sedikit menandai penggalan halaman HTTP yang lebih besar sebagai Tidak Aman.Mulai bulan Juli 2018 dengan merilis Chrome 68, Chrome akan menandai semua situs HTTP sebagai Tidak Aman.

Pengembang telah mentransisikan situs mereka ke HTTPS dan menciptakan web lebih kondusif untuk semua orang. Kemajuan tahun kemudian sungguh luar biasa, dan terus berlanjut semenjak dikala itu:
  • Lebih dari 68% kemudian lintas Chrome di Android dan Windows kini terlindungi
  • Lebih dari 78% kemudian lintas Chrome di Chrome OS dan Mac kini terlindungi
  • 81 dari 100 situs teratas di web memakai HTTPS secara default

Perhatikan sebuah kata postingannya yang sekarang, telah berubah, dari "halaman" menjadi "situs". Sekarang jangkauannya menjadi lebih lebar. Saya salut dengan perjuangan Google sebab sering mendorong atau menginfokan kepada pemilik situs untuk melaksanakan penggunaan HTTPS. Ini benar-benar menciptakan perbedaan dari peringatan sebelumnya yang tidak terlihat jelas:

Hal ini berpotensi sangat signifikan. Pemberitahuan itu benar-benar akan sangat berarti di kemudian lintas pencarian jikalau pencari info benar-benar melihat dan memahaminya. Jika mereka salah paham, pesan atau peringatan tersebut akan membuatnya berpikir bahwa situs yang Tidak Aman mempunyai duduk kasus dengan situsnya. Saya berasumsi akan banyak pengguna yang tidak akan mengklik atau masuk ke situs (melalui SERP Google) yang belum mengaktifkan HTTPS.

Dan jangan lupa bahwa HTTPS telah menjadi sinyal dalam menaikkan peringkat di SERP Google. Itu artinya, situs yang tidak memakai HTTPS perlahan-lahan akan turun peringkat dan mengalami penurunan trafik.

Baca juga: