Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Error Display Driver Failed To Start Pada Windows

 using Microsoft Basic Display Driver instead 4 Cara Mengatasi Error Display driver failed to start pada Windows

Bagaimana cara memperbaiki error "Display driver failed to start. Display driver failed to start; using Microsoft Basic Display Driver instead. Check Windows Update for a newer display driver" pada Windows 8 dan 10 ?

Display driver failed to start yakni pesan error yang biasanya muncul sebagai pemberitahuan Windows 10 atau 8. Ini juga memberi tahu pengguna bahwa driver grafis tidak sanggup berjalan dengan baik.

Masalahnya sering disertai dengan ketidakstabilan PC, crash, atau penurunan kinerja dalam video game. Silakan Anda ikuti cara yang sudah dijelaskan di bawah ini, lantaran cara yang ada pada artikel ini terbukti works 100%.
 using Microsoft Basic Display Driver instead 4 Cara Mengatasi Error Display driver failed to start pada Windows
Pesan error : Display driver failed to start.

Apa penyebab error "Display driver failed to start" ?

Penyebab bahwasanya dari dilema ini seringkali sulit untuk ditentukan (beragam) lantaran metode yang sanggup dipakai untuk menyelesaikannya cukup umum, mis. menjalankan pemecah dilema (troubleshooting) atau memperbarui Windows ke versi terbaru (upgrade OS).

Masalahnya terkait dengan graphics card driver dan memperbarui versi nya merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam mengatasi hal ini. Ini juga membantu untuk menonaktifkan beberapa efek visual pada komputer Anda untuk mengurangi dampak yang berakibat pada video card yang ada.

Berikut yakni cara mengatasinya :

Baca Juga : [SOLVED] Cara Mengatasi Error "Windows cannot connect to the printer" Windows 7/8/10

1. Jalankan Troubleshooter

Meskipun troubeshooter jarang sanggup menuntaskan dilema dengan benar dalam beberapa kasus, namun banyak pengguna telah melaporkan bahwa menjalankan troubleshooter berhasil menuntaskan dilema dengan mudah. Ini mungkin metode termudah yang sanggup Anda coba, jadi pastikan Anda memulai dengan metode ini!

Untuk Windows 10:

  1. Cari Pengaturan Windows 10 di hidangan Start dan klik pada hasil pertama di kepingan atas. Anda juga sanggup mengklik tombol gerigi secara pribadi (terletak di kepingan kiri bawah hidangan Start) atau Anda sanggup mengklik kombinasi tombol Windows + I untuk sanggup membukanya secara langsung.
  2.  using Microsoft Basic Display Driver instead 4 Cara Mengatasi Error Display driver failed to start pada Windows
  3. Masuk ke hidangan Update and Security → Troubleshoot → Hardware and Devices.
  4. Pastikan Anda membukanya dan ikuti aba-aba yang diberikan.
  5. Periksa untuk melihat apakah dilema telah teratasi dan apakah pemberitahuan kesalahan masih muncul!.

Untuk Pengguna Selain Windows 10 :

  1. Buka Control Panel dengan melalui tombol Start atau dengan mengklik tombol Search di kepingan kiri (bagian kiri bawah layar Anda).
  2. Anda juga sanggup memakai kombo Windows Key + R kemudian ketik "control.exe" dan klik Run yang juga akan membuka Control Panel secara langsung.
  3. Setelah Control Panel terbuka, ubah tampilan ke Category dan klik View devices and printers di bawah Hardware and Sound untuk membuka kepingan ini.
  4.  using Microsoft Basic Display Driver instead 4 Cara Mengatasi Error Display driver failed to start pada Windows
  5. Selanjutnya, Anda sanggup klik kanan pada devices Anda dan pilih Troubleshoot.
  6. Ikuti semua aba-aba yang diberikan.

2. Install Graphics Card Drivers terbaru

Ini umumnya yakni hal terbaik yang sanggup Anda lakukan untuk menuntaskan dilema yang terjadi pada graphics card Anda. Graphic Card Drivers yakni susukan komunikasi utama antara komputer dan kartu grafis dan penting untuk menginstal driver terbaru. Pastikan Anda melakukannya dengan mengikuti aba-aba di bawah ini!
  1. Klik tombol Start menu, ketik "Device Manager" sesudahnya, dan pilih dari daftar hasil yang tersedia hanya dengan mengklik yang pertama. Anda juga sanggup tekan Windows Key + R untuk memunculkan kotak obrolan Run. Ketik "devmgmt.msc" di kotak obrolan dan klik OK untuk menjalankannya.
  2.  using Microsoft Basic Display Driver instead 4 Cara Mengatasi Error Display driver failed to start pada Windows
  3. Karena ini yakni video card driver yang ingin Anda perbarui di komputer Anda, klik pada kepingan Display adapter, klik kanan pada graphics card Anda dan pilih Uninstall Device.
  4.  using Microsoft Basic Display Driver instead 4 Cara Mengatasi Error Display driver failed to start pada Windows
  5. Silakan ikuti mekanisme yang diberikan dalam proses uninstall.
  6. Selanjutnya, Anda sanggup mencari sendiri graphics card yang sesuai. Karena Saya di sini memakai produk mata-mata maka Saya mencari pada situs resmi intel. Pastikan Anda mengunduh graphics card yang terbaru.
  7. Jika sudah ditemukan, unduh driver tersebut dan jalankan kemudian install ibarat biasa.

3. Matikan Certain Visual Effects 

Masalah dengan driver mungkin juga fakta bahwa ia perlu menjalankan banyak efek visual untuk komputer Anda dan gagal menjalankannya. Menonaktifkan efek tertentu tidak akan berdampak besar pada kinerja komputer Anda, tetapi ini sanggup menuntaskan dilema ini untuk selamanya. Coba ini kalau metode di atas gagal membantu.

  1. Klik kanan pada entri PC yang biasanya sanggup ditemukan di Desktop Anda atau di File Explorer Anda. Pilih Properties.
  2.  using Microsoft Basic Display Driver instead 4 Cara Mengatasi Error Display driver failed to start pada Windows
  3. Klik “Advanced system settings”  kemudian masuk ke tab Advanced → Performance → klik Settings dan navigasikan ke tab Visual Effect.
  4. Sekarang pilih Adjust for best performance.
  5.  using Microsoft Basic Display Driver instead 4 Cara Mengatasi Error Display driver failed to start pada Windows
  6. Kemudian klik Apply lalu klik OK.

4. Update Windows ke Versi Terbaru

Versi terbaru Windows 10 sudah sanggup menuntaskan dilema ini selama ini bukan disebabkan oleh aktivitas pihak ketiga (third party / aplikasi tambahan). Memperbarui sistem operasi Anda ke versi terbaru selalu membantu dikala berurusan dengan error yang sama dan pengguna telah melaporkan bahwa versi Windows 10 terbaru sudah sanggup mengatasi dilema ini.

  1. Tekan Tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan pada PC Windows Anda. Atau, Anda sanggup mencari "Settings" dengan memakai bilah pencarian yang terletak pada taskbar.
  2. Pada kepingan Update & Security pilih Windows Update dan klik Check for Updates.
  3.  using Microsoft Basic Display Driver instead 4 Cara Mengatasi Error Display driver failed to start pada Windows
  4. Jika update tersedia, maka Windows akan menginstall secara ototmatis dan nanti Anda akan diminta untuk me-restart komputer Anda setelahnya.
Nah itulah beberapa Mengatasi Error "Display driver failed to start" pada Windows caranya sudah dicoba dan works. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Jangan sungkan untuk berkomentar kalau ada hal yang ingin ditanyakan.

Sumber https://kacateknologi09.blogspot.com/