Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Biar Artikel Cepat Terindex Google Terbaru


Bagaimana cara semoga artikel blog / website cepat terindeks Google dalam waktu yang singkat ? Indeks Google merupakan hal paling penting untuk sebuah blog semoga artikelnya sanggup didatangi oleh pengunjung dari search engine (pengunjung organik). Jika sebuah halaman tidak terindeks Google maka Anda akan hanya mendapat 0% kesempatan untuk mendapat pengunjung secara organik. 

Singkatnya menyerupai ini bagaimana mesin pencari (search engine) bekerja:
  1. Merayap Laman (Crawling)
  2. Mengindeks (Indexing)
  3. Memberikan peringkat pada laman (Ranking)

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara semoga Googlebot sanggup mengindeks halaman Anda lebih cepat. 

Cara cek apakah halaman / artikel sudah terindeks Google ?

Sebelumnya Anda harus mengetahui dahulu cara melihat apakah artikel Anda sudah terindeks atau belum ? Anda juga harus mengetahui apakah artikel yang Anda buat mempunyai kesalahan (error) atau tidak ? bahkan Anda harus tahu artikel Anda ini terdeteksi spam oleh Google atau tidak ?

Lebih lengkapnya Anda sanggup membaca "Laporan Status Cakupan Indeks" silakan Anda baca hingga tuntas kemudian Anda lihat pada Google Search Console → pilih Liputan. Sebelumnya pastikan Anda sudah terdaftar pada Google Search Console.

Kita sanggup lihat valid berarti daftar artikel yang terindeks dan  Saya sendiri tidak mempunyai kesalahan pada indeks artikel, kalau ternyata Anda mempunyai kesalahan indeks maka Anda harus segera memperbaikinya.


Apabila Anda mendapati kesalahan yang jumlahnya lebih besar daripada jumlah indeks maka berikut ialah beberapa kemungkinan penyababnya :
  • Peta Situs (Sitemap) Anda mungkin mempunyai URL yang tidak sanggup diindeks oleh Google atau disebut dengan noindex yang diblokir melalui robots.txt.
  • Situs Anda mungkin hanyalah berisi sebuah spam artikel, di mana artikel yang dipublikasikan oleh Anda ialah artikel hasil plagiat (copy paste). Jika memang ini terjadi jangan harap Artikel Anda akan mendapat indeks dan peringkat yang baik di mesin pencari.
  • Situs Anda mungkin tidak mempunyai "authority" yang baik di mata Google (masih baru).c 

Solusinya silakan Anda perbaiki robots.txt (caranya pada no 13), jangan copas, dan pastikan selalu perbarui situs Anda dengan artikel gres setiap hari. Jangan lupa juga untuk melihat apa penyebab dari kesalahan yang terdapat pada Google Search Console tersebut.

Cara artikel dan halaman situs cepat terindeks

Sejujurnya artikel yang berkualitas maka akan cepat terindeks dan mempunyai peringkat yang baik. Maka yang paling utama, buatlah artikel yang berkualitas !. Jika dirasa sudah memenuhi syarat utamanya maka lanjut untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Submit artikel ke Google Webmaster

Anda sanggup submit artikel ke Google Webmaster kemudian minta pengindeksan. Hal ini bertujuan semoga artikel yang gres Anda buat sanggup eksklusif dikenali oleh Google, berbeda kalau anda tidak men-submit artikel maka Google tidak akan tahu apakah situs Anda mempunyai konten gres atau tidak ? inilah mengapa Google lebih usang dalam merayapinya.

Berikut cara submit artikel ke Google Webmaster:


  1. Masuk ke Google Search Console.
  2. Anda akan melihat inspeksi url menyerupai gambar di atas, silakan Anda copy artikel yang ingin diindeks kemudian paste pada kolom tersebut kemudian tekan enter.
  3. Karena Saya memasukkan artikel yang sudah terindeks maka saya tidak perlu untuk mengindeks ulang kecuali kalau ada perubahan pada artikel. Anda sanggup eksklusif klik "Minta Pengindeksan" → verifikasi captcha. Lebih lengakpnya lihat pada gambar di bawah ini.
  4. Selanjutnya tunggu saja hingga nanti artikel terindeks sendiri. Pengalaman Saya memakai Webmaster artikel akan terindeks 90% lebih cepat dari biasanya. Bahkan artikel yang Saya buat pernah terindeks Google hanya dalam waktu 8 detik namun sanggup saja hingga berjam-jam.


2. Submit Sitemap ke Webmaster

Peta Situs atau Sitemap ialah daftar artikel yang berhasil dipublikasikan pada situs Anda, semua artikel gres akan terdaftar di sana. Jika Anda ikut sertakan Sitemap pada Webmaster maka dikala ada artikel gres otomatis Google akan mendeteksi adanya pembaruan pada situs.

Baca Juga : Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meskipun Artikel Banyak dan Cara Mengatasinya

Berikut cara submit sitemap ke Google Webmaster:
  1. Masih pada Google Webmaster / Search Console.
  2. Kemudian pada hidangan indeks pilih Peta Situs.
  3. Ketikkan sitemap.xml, atom.xml, dan feeds/posts/default?orderby=updated kemudian klik Kirim (satu persatu).

3. Gunakan internal links

Mesin Pencari merayapi halaman demi halaman melalui internal link / anchor text. Ketika Anda menyisipi internal link pada artikel maka Google juga akan merayapi link tersebut apakah aktif atau tidak ?. Beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam menyisipi internal link:
  • Sisipi internal link yang hanya relevan dengan artikel.
  • Jangan sisipi link yang menuju situs tidak terpercaya (authority rendah) kecuali situs Anda ialah situs yang sudah mempunyai poin lebih di mata Google.
  • Jangan hingga Anda menyisipi link mati.
  • Gunakan rel nofollow kalau internal link tidak ingin dinilai oleh Google.
Selebihnya Anda sanggup baca di sini : Cara Membuat Link Aktif Pada Komentar Blogger  namun Anda fokus terhadap internal link artikel saja dulu.

4. Hapus link atau artikel yang rusak

Ketika situs Anda mempunyai banyak sekali broken link pada mesin pencari maka Google juga akan menganggap bahwa situs Anda ialah situs yang tidak sehat. Solusinya Anda harus menghapus baik link atau artikel yang rusak.

Contoh halaman dan link yang wajib dihapus ialah yang mengarah kepada "Error 404 Not Found". Jelas saja sebab yang mengarah ke halaman 404 dijamin halaman tersebut terhapus, tidak ditemukan atau hilang. 

Anda sanggup gunakan cara ini untuk mengatasinya : Panduan Lengkap Cara Menghapus URL dari Google Search Console. Adapun untuk internal link anda cukup hapus pada artikel saja kemudian minta pengindeksan gres ke Webmaster.

5. Bagikan artikel ke sosial media

Sosial media merupakan daerah berkumpul seluruh umat insan dalam waktu yang bersamaan. Anda sanggup memanfaatkan peluang ini, dikala Anda membagikan artikel ke sosial media kemudian banyak dari mereka yang berkunjung ke situs Anda.

Google sendiri akan menganggap bahwa banyak orang menyukai konten yang Anda buat oleh risikonya Google akan menunjukkan indeks lebih cepat dari biasanya. Namun yang perlu Anda ingat, bagikanlah artikel Anda sesuai pada bidangnya. Jangan sekali-kali membagikan artikel memasak pada grup otomotif.

6. Bagikan artikel pada situs yang mempunyai traffic tinggi

Setelah sosial media bagikan juga pada situs yang mempunyai traffic tinggi menyerupai Kaskus, Quora, Reddit dan jangan lupa untuk menambahkan internal link pada situs-situs tersebut. Namun tentunya pada situs tersebut Anda diharuskan menciptakan artikel atau ulasan terlebih dahulu kemudian diakhir Anda sanggup sisipi link yang mengarah ke artikel situs Anda.

7. Dapatkan backlink dari situs lain

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa Mesin Pencari merayapi halaman demi halaman melalui internal link / anchor text. Maka Anda juga sanggup mendapat internal link dari situs lain. 

Beberapa tips yang sanggup dicoba untuk mendapat link dari situs lain:
  • Lakukan guest post atau menerbitkan artikel pada situs orang lain yang mempunyai authority tinggi dan tentunya relevan.
  • Bertukar link dengan para blogger, menyerupai yang tertera pada situs ini.
  • Buatlah artikel berkualitas, dikala artikel Anda memang bermanfaat maka tidak sedikit dari para blogger akan menunjukkan backlink kepada artikel yang Anda buat.
  • Beli backlink.

8. Ping artikel 

Ping artikel ini tidak berbeda jauh dikala kita submit artikel ke Google Webmaster, hanya saja ping ini ialah sinyal semoga Google mengetahui bahwa bergotong-royong terdapat artikel gres pada situs Anda. Gunakan ping artikel ini dengan masuk akal dan jangan berlebihan, kalau memang berlebihan Google akan menganggap spam artikel dan tidak akan pernah mengindeksnya atau bahkan masuk ke daftar Google Sandbox.

Untuk cara ping artikel sanggup dilihat di sini : Cara Ampuh Ping Artikel semoga Cepat Terindex Google.

Itulah beberapa cara semoga artikel bsia terindeks Google dengan cepat. Semuanya tergantung dari kualitas artikel dan komponennya. Bisa saja artikel yang Anda buat terindeks dalam waktu 1 detik kalau relevan atau bahkan tidak pernah terindeks sama sekali meskipun banyak sekali cara sudah dilakukan. Silakan berkomentar kalau ada yang ingin ditanyakan, Terimakasih...

Sumber https://kacateknologi09.blogspot.com/